Senin, 22 November 2010

Manusia dan Tanggung Jawab

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB
Pengertian yang kita peroleh sehari-hari untuk kata “pertanggungjawaban” dari kata “tanggung jawab” yaitu beban psikis ( kejiwaan ) yang melandasi pelaksanaan kewajiban dari tugas tertentu.
Kesanggupan seseorang terhadap suatu tugas wajib atau yang disebut kewajiban, akan berakibat suatu celaan atau menerima akibat tertentu jika tidak dilaksanakan. Apabila kita meninggalkan tugas wajib dapat diartikan dia itu tak bertanggung jawab.
Tanggung jawab yang diterima seseorang karena ia menerima kewajiban-kewajiban untuk mengabdikan dirinya kepada manusia atau orang lain.

Tanggung jawab itu kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab berarti berbuat kesadaran akan kewajibannya. Misalnya kita seorang mahasiswa, berarti kewajiban kita adalah belajar.

Macam-macam tanggung jawab
1.       Tanggung jawab kepada keluarga
Setiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya, dimana tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga tetapi tanggung jawab itu kesejahteraan, keselamatan, pendidikan, dan kehidupan.
Contohnya : dimana ia harus menjalankan tugas kewajibannya dalam menghidupi keluarganya seperti mencari nafkah jasmani, yaitu makanan, minuman , dan pakian, serta nafkah batin bagi istri.
2.       Tanggung jawab kepada masyarakat
Manusia adalah makhluk sosial, dimana manusia merupakan anggota masyarakat. Karena itu, dalam berpikir, bertingkah laku, berbicara, dan sebagainya manusia terikat sebagai oleh masyarakat. Itu sangat wajar apabila segala tingkah lakunya dan perbuatan harus dipertanggung jawabkan pada masyarakat.
3.       Tanggung jawab kepada bangsa dan negara
Setiap manusia adalah warga negara di suatu negara, dimana dalam berfikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia itu tidak dapat berbuat semaunya sendiri, bila perbuatannya itu salah maka harus bertanggung jawab kepada negara.
4.       Bertanggung jawab kepada tuhan
Manusia ada bukan dengan sendirinya, tetapi merupakan ciptaan tuhan karena itu manusia berkewajiban terhadap tuhan. Kelalaian akan kewajibannya terhadap tuhan, harus dipertanggung jawabkannya kepada tuhan.

Pengabdian, perbuatan baik berupa pikiran, pendapat, ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan antara lain kepada cinta, kasih sayang, hormat, atau suatu ikatan dilakukan dengan ikhlas. timbulnya pengabdian pada hikikatnya ada rasa tanggung jawab misalnya kita bekerja dari pagi sampai sore dibeberapa tempat untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga kita, dimana mengabdi kepada keluarga karena kasih sayang kita ada pada keluarga.


Kesadaran, itu keinsyafan akan perbuatanya dimana kita sadar kita merasa tahu atau ingat kepada keadaan yang sebenarnya. Jadi kesadaran itu hati yang telah terbuka atau pikiran yang telah terbuka tentang apa yang telah dikerjakan.


Pengorbanan, pengorbanan merupakan pemberian secara ikhlas yang berupa pikiran, pendapat, harta, waktu, dan tenaga, bahkan mungkin nyawa demi cinta,kesetiaan, ikatan, kebenaran, dan juga kesetiakawanan.
Pengorbanan demi keluarga, pengorbanan demi hidup dimasyarakat, pengorbanan demi cinta kepada bangsa dan negara, pengorbanan demi kebenaran dan pengorbanan demi cinta kepada agama dan cnta kepada tuhan, semuanya itu tidak lepas dari kehidupan manusia.


Tugas,

1PA09

Yohana (18510662 )





Sumber; Buku Ilmu Budaya Dasar, Drs. Joko Tri Prasetya, dkk.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Manusia dan Tanggung Jawab”

Posting Komentar

Music

Now Playing : Nikita-Janjimu Seperti Fajar







Chat


ShoutMix chat widget

Peta & Total Pengunjung

New Articles






aquUww

aquUww
 
Virgo Pendidikan is proudly powered by Blogger.com | Template by OzoneTemplate