Senin, 22 November 2010

Manusia dan Pandangan Hidup

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP
Setiap manusia pastinya memiliki pandangan hidup yang menentukan untuk masa depannya, pandangan hidup pastinya dimiliki oleh semua orang atau semua golongan,pandangan hidup yang terdiri dari atas cita-cita, kebajikan, dan sikap hidup.

Cita-cita
Cita-cita adalh suatu keinginan yang terkandung dalam hati,karena itu cita-cita juga berarti angan-angan, keinginan, harapan, atau tujuan. Cita-cita itu tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia karena tanpa cita-cita berarti manusia tanpa dinamika. Dimana manusia tidak mempunyai dinamika berarti tidak ada kemajuan dan hidup asal hidup saja.

Ada tiga kategori keadaan hati seseorang yaitu ada hati keras, lunak, dan lemah. Orang yang berhati keras itu tak berhenti berusaha sebelum cita-citanya tercapai. Orang itu tidak menghiraukan rintangan, tantangan, dan segala kesulitan yang dihadapinya. Biasanya orang yang berhati keras itu mencapai hasil yang gemilang dan sukses hidupnya.

Kalau orang yang berhati lunak dalam usaha dan usahanya mencapai cita-cita yang menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi. Namun orang itu akan tetap berusaha untuk mencapai cita-citanya, karna itu biarpun lambat akan berhasil juga tercapai cita-citanya.

Dan orang yang berhati lemah itu mudah terpengaruh oleh situasi dan kondisi, bila orang itu menghadapi kesulitan ia cepat-cepat berganti haluan, dan berganti keinginan. Cita-cita, keinginan, dan harapan banyak menimbulkan daya kretifitas para seniman. Banyak hasil seni seperti drama, novel, film, musik, dll lahir dari kandungan cita-cita, keinginan, harapan dan tujuan.

Kebajikan
Kebajikan, atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakikatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika. Manusia berbuat baik, itu kerena menurut kodrat manusia itu baik, makhluk bermoral dengan dorongan suara hatinya manusia cenderung berbuat baik.manusia sebagai makhluk tuhan, diciptakan tuhan dan dapat berkembang karena tuhan, untuk itu manusia dilengkapi kemampuan jasmani dan rohani,juga fasilitas alam sekitar seperti tanah, air, tumbuh-tumbuhan, dll.

Jadi kebajikan itu meruakan perbuatan yang yang selaras dengan suara hati kita,suara hati masyarakat dan hukum tuhan.dimana kebajikan yang berarti berlaku sopan santun, berbahasa yang baik, bertingkah laku yang baik, ramah terhadap siapapun, berpakaian yang sopan agar tidak merangsang bagi yang menglihatnya.

Makna sikap hidup
Sikap hidup adalah perasaan hati dalam menghadapi hidup ini. Sikap itu bisa positif dan bisa juga negatif, atau sikap optimis atau pesimis,itu  bergantung pada pribadi orang itu dan juga lingkungannya.setiap orang mempunyai kadar sikap, kadar sikap yang dimiliki manusia satu sama lain tidak sama.sikap orang dapat berubah yang setidak-tidaknya karena situasi dan kondisi lingkungannya.dalam menghadapi kehidupan berarti manusia menghadapi manusia lain atau menghadapi sekelompok manusia. Ada  berapa sikap etis yang disebutjuga sikap positif dan sikap non etis yang disebut juga sikap negatif.contoh etis sikap tenang, ikap berani, sikap bangga, dan sikap rendah hati.contoh sikap non etis  sikap kasar, sikap takut, sikap angkuh, dan sikap rendah diri.

Pandangan hidup adalah juga filsafat hidup, sesuai dengan arti filsafat yaitu cinta akan kebenaran tentulah bentuk kebenaran yang akan dicapai seperti kebenaran yang dapat diterima oleh siapa saja.   


Tugas,

1PA09

Yohana ( 18510662 )





Sumber; Buku Ilmu Budaya Dasar, Drs. Joko Tri Prasetya, dkk.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Manusia dan Pandangan Hidup”

Posting Komentar

Music

Now Playing : Nikita-Janjimu Seperti Fajar







Chat


ShoutMix chat widget

Peta & Total Pengunjung

New Articles






aquUww

aquUww
 
Virgo Pendidikan is proudly powered by Blogger.com | Template by OzoneTemplate