Minggu, 24 Oktober 2010

Manusia dan Kebudayaan

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN


Di dalam kebudayaan manusia memiliki pola atau tingkah laku hidupnya, seperti di dalam kekeluargaan dan di masyarakat. Manusia pastinya harus menjaga kelestariaan kebudayaan. Kebudayaan itu adat istiadat seperti adat istiadat yang berlaku di dalam kehidupan, biasanya adat istiadat itu tradisinya diwariskan secara turun temurun pada generasi berikutnya.

Manusia tidak akan bisa menjalankan tanpa adanya kebudayaan, maka kebudayaan itu bagi saya sangat penting. Karena manusia dan kebudayaan itu ada hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosio-budaya yang manusia itu saling bermasyarakat atau berinteraksi.


Manusia Menjadi Makhluk Yang Hidup

Manusia menjadi makhluk yang hidup,prosesnya manusia pada awalnya tuhan membentuk manusia dari debu dan tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya, demikianlah manusia menjadi makhluk yang hidup yang memiliki jiwa dan badan.
Makhluk yang hidup di sini berarti bahwa kita akan hidup entah di mana untuk selama-lamanya.

Sebagai manusia kita dilahirkan dari rahim ibu, ibu yang mengandung kita selama sembilan bulan. Ibu yang sudah membesarkan serta mendidik kita hingga menjadi dewasa. Manusia pastinya juga memiliki kebebasan dalam menentukan sikapnya,contohnya dalam menentukan sikapnya seperti sikap dalam menghadapi saudara tua/ muda. Kita pasti memilih dan mengambil keputusan serta bertanggung jawab. Kita sebagai makhluk hidup harus saling menghargai, menghormati satu dengan yang lainnya dan saling tolong menolong. Manusia memiliki kebutuhan hidupnya seperti kebutuhan jasmani, kejiwaan, dan rohani serta kebutuhan hidup berteman atau bersosial kemasyarakatan.








Sumber;Buku Ilmu Budaya Dasar, Drs.Joko Tri Prasetya, dkk.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Manusia dan Kebudayaan”

Posting Komentar

Music

Now Playing : Nikita-Janjimu Seperti Fajar







Chat


ShoutMix chat widget

Peta & Total Pengunjung

New Articles






aquUww

aquUww
 
Virgo Pendidikan is proudly powered by Blogger.com | Template by OzoneTemplate